Langsung ke konten utama

12 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia, Apakah Salah Satunya Incaran Kamu?


Bagi calon mahasiswa dimana pun berada, pasti kamu tengah bingung menentukan akan melanjut ke Universitas mana. Dan tak sedikit juga yang berharap dapat melanjutkan pendidikan disalah satu Universitas yang ada diluar negeri.


Meski terlihat keren berkuliah di luar negeri, pendidikan yang kamu terima tidak kalah kerennya dengan yang akan diterima di negara sendiri.


Indonesia memiliki banyak Universitas baik negeri maupun swasta yang mampu bersaing dengan Universitas luar. Bahkan beberapa dari Universitas tersebut telah diakui dunia. Jadi kamu tidak perlu berkecil hati jika hanya berkuliah di negara sendiri.


Berikut 15 Universitas Negeri terbaik yang ada di tanah air, dan pastikan salah satunya menjadi incaran kamu untuk melanjutkan pendidikan.


1. Universitas Indonesia

Universitas UI atau yang biasa disingkat dengan UI berada diperingkat 534 di dunia. UI memiliki banyak jurusan yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan diri.


2. Universitas Gadjah Mada

UGM atau Universitas Gajah Mada berada diperingkat 586 di dunia. Dan di Indonesia sendri, Universitas yang satu ini menjadi salah satu Universitas favorit, serta menjadi incaran banyak calon mahasiswa.


3. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas negeri terbaik berikutnya adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang di tingkat dunia berada di peringkat 607.


4. Universitas Diponegoro

Selanjutnya yakni Universitas Diponegoro (Undip) yang bisa kamu jadikan salah satu pilihan saat ingin melanjutkan pendidikan. Undip berada diperingkat 611 pada peringkat dunia.


5. Institut Pertanian Bogor

Berikutnya adalah Institut Pertanian Bogor yang sudah sangat dikenal diseluruh penjuru Nusantara. IPB berada di peringkat ke 612 dari seluruh Universitas yang ada didunia.


6. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara atau yang lebih dikenal dengan sebutan USU masuk dalam peringkat dunia, yakni berada diposisi 620.


7. Universitas Pendidikan Indonesia

UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia juga termasuk sebagai salah satu Universitas terbaik di tanah air. UPi tercatat menduduki peringkat ke 629 di dunia.


8. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut kedua yang diakui dunia sebagai salah satu Universitas terbaik ditanah air adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berada di peringkat ke 630 di dunia.


9. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas yang terletak di kota Makassar, Sulawesi Selatan ini juga masuk kedalam Universitas Negeri terbaik yang ada di bumi Nusantara. Universitas Hasanuddin (Unhas) berada di posisi ke 631 pada peringkat dunia.


10. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Meski namanya tak begitu dikenal, siapa sangka Universitas Sebelas Maret Surakarta masuk kedalam Universitas Negeri terbaik dengan menduduki posisi ke 638 di dunia.


11. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Unsyiah atau Universitas Syiah Kuala berada diperingkat ke 642 di dunia sehingga juga termasuk sebagai Universitas terbaik di Indonesia.


12. Universitas Brawijaya

Universitas Negeri terbaik berikutnya adalah Universitas Brawijaya dengan berada diposisi ke 644 di dunia.


Nah sobat bloger, dari ke-12 Universitas Negeri terbaik tersebut, apakah kamu sudah menentukan tujuanmu? Ingat! Kualitas sebuah pendidikan tersebut bukan dimana kamu menimba ilmu, tetapi siapa yang menimba ilmu tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurusan Kuliah untuk Anak IPS: Membangun Karir yang Berkualitas

Bagi para siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), terdapat beragam jurusan kuliah yang menawarkan peluang karir yang menarik. Pilihan jurusan yang tepat dapat membantu membangun karir yang sukses dan memuaskan. Berikut adalah beberapa jurusan kuliah IPS yang mungkin bisa kamu jadikan referensi. 1. Ilmu Hubungan Internasional Jurusan ini cocok bagi mereka yang tertarik pada dinamika hubungan antarnegara, diplomasi, dan kebijakan internasional. Lulusan Ilmu Hubungan Internasional dapat bekerja di kementerian luar negeri, lembaga internasional, atau perusahaan multinasional. 2. Ilmu Politik Bagi yang memiliki ketertarikan pada politik, memilih jurusan Ilmu Politik dapat membuka pintu karir di berbagai bidang. Lulusan Ilmu Politik dapat bekerja sebagai analis politik, konsultan kebijakan, atau bahkan terjun ke dunia politik sebagai pejabat publik. 3. Sosiologi Jurusan Sosiologi fokus pada studi tentang masyarakat dan interaksi sosial. Lulusan Sosiolog

Mengeksplorasi Sejarah: Fakta Menarik tentang Universitas Tertua di Dunia

  Universitas-Universitas tertua di dunia telah menjadi penjaga kearifan, pengetahuan, dan keilmuan selama berabad-abad. Dengan sejarah yang kaya dan tradisi akademis yang mendalam, universitas-universitas ini menciptakan fondasi untuk pendidikan tinggi di seluruh dunia. Mari kita telusuri beberapa fakta menarik tentang universitas tertua yang masih berdiri hingga hari ini. 1. Universitas Bologna (1088) - Ibu Kota Kesarjanaan Universitas Bologna, yang didirikan pada tahun 1088 di Italia, dianggap sebagai universitas tertua yang masih beroperasi. Ia memegang predikat sebagai "ibu kota kesarjanaan" karena kontribusinya dalam pengembangan sistem pengajaran dan sistem hukum yang masih memengaruhi dunia saat ini. 2. Universitas Oxford (1096) - Pusat Kecemerlangan Akademis Universitas Oxford, yang didirikan pada tahun 1096 di Inggris, adalah salah satu universitas tertua dan paling terkenal di dunia. Dengan tradisi akademis yang kuat, Oxford telah melahirkan banyak pemikir, penulis

Profil dan Sejarah Universitas Sumatera Utara

Dalam artikel kali ini, mimin akan membahas dengan lengkap tentang salah satu universitas terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Sumatera Utara (USU). Apakah ada dari kalian yang berminat untuk memilih USU sebagai tempat menempuh pendidikan tinggi? Jika ya, maka kamu harus mengetahui tentang sejarah, visi misi, dan jurusan yang ada di Universitas Sumatera Utara (USU). Universitas Sumatera ini sedang meniti langkahnya menjadi bagian dari 500 universitas terbaik di dunia pada 2024. Jika kamu memiliki target sebagai Sarjana, terutama di USU, kamu harus menyimak artikel ini sampai selesai, ya! Profil dan Sejarah Universitas Sumatera Utara Universitas Sumatera Utara (USU) adalah universitas negeri yang didirikan pada 20 November 1957. Universitas ini didirikan berdasarkan keinginan rakyat Sumatera Utara yang ingin memiliki institusi tersier di daerahnya. Untuk memenuhinya, maka pada tanggal 31 Desember 1951, dibentuk sebuah panitia pendiri perguruan tinggi yang dipimpin oleh Dr.