Langsung ke konten utama

6 Fakta Menarik Tentang Stanford University

            

Universitas yang memiliki lambang maskot pohon Stanford ini berada di California, Amerika Serikat. Nama lain Universitas Stanford adalah Leland Stanford Junior University.

Tujuan Universitas Stanford didirikan untuk menghormati anak tunggal mereka yang bernama Leland Stanford, Jr. yang meninggal dunia ketika berusia 16 tahun karena penyakit tipus.

Universitas Stanford secara resmi dibuka untuk pertama kali pada tanggal 1 Oktober 1891. Dengan jumlah mahasiswa sekitar 559 orang, dengan 15 dosen sebagai tenaga pengajarnya.

Tercatat sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, menjadikan Stanford University sebagai sasaran kuliah favorit yang di idamkan banyak orang.

Apa kamu termasuk salah satunya? Jika iya, ada baiknya kamu mengetahui 5 fakta tentang Stanford University.

1. Universitas Terbaik Nomor Dua Di Dunia

Stanford University merupakan kuliah yang menduduki peringkat kedua sebagai universitas terbaik di dunia setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT) .

Peringkat ini dinilai berdasarkan dua hal, yakni tingkat pencapaian bangsa menuju pembentukan tenaga kerja berbasis pengetahuan untuk abad ke-21 dan penggunaan kemampuan sosial untuk mengembangkan masyarakat.

2. Beragam Etnis, Ras Dan Kewarganegaraan

Menuntut ilmu di salah satu universitas terbaik didunia, tentu sudah menjadi tujuan kebanyakan pelajar. Maka tidak heran bila persaingan untuk dapat masuk dan menjadi bagian dari Stanford Univeristy cukup susah.

Persaingan tidak hanya berasal dari California saja, tapi terdapat pula siswa yang berasal dari 49 negara bagian Amerika dan 55 negara di seluruh dunia lainnya yang juga berkeinginan belajar cerdas disini.

Oleh sebab itu, keberagaman etnis dan ras tentu sudah pasti terjadi di Stanford University. Selain itu, perbedaan latar belakang juga terdapat di lingkungan kampus ini.

3. Mahasiswa Memiliki Banyak Prestasi Dalam Pertandingan

Sejak tahun 1952, Stanford University sudah memenangkan Nobel mencakup 19 Nobel Prize Laureates and 4 Pulitzer Prize.

Tidak hanya penghargaan Nobel, Stanford University juga menjadi salah satu lembaga dengan jumlah Turing Awards terbanyak.

Selain itu, Universitas Stanford juga sudah memenangkan Olimpiade dengan total 244 medali dan 129 diantaranya adalah medali emas.

Pada Olimpiade Beijing 2008, Universitas Stanford memenangkan medali Olimpiade paling banyak di seluruh universitas di Amerika Serikat.

Mahasiswa Universitas Stanford juga memenangkan 16 medali di Olimpiade 2012 dengan jumlah 12 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu.

4. Alumni yang Berpengaruh Di Dunia

Alumni dari universitas ini banyak yang merupakan pesohor dan miliarder dunia. Mereka meliputi 17 astronot dan 30 miliarder dunia.

Berikut sederet alumni University Stanford yang menjadi orang berpengaruh dalam negaranya. Mereka adalah antara lain:

- 2 mantan Perdana Menteri Jepang

- Herbert Hoover, mantan Presiden Amerika Serikat

- Ehud Barak, mantan Perdana Menteri Israel

- Alejandro Toledo, mantan Presiden Peru

- Jorge Serrano Elias, mantan Presiden Guatemala

- Mohammed Waheed Hassan, mantan Presiden Maladewa

- Mohammad-Reza Aref, mantan Wakil Presiden Iran

- Ricardo Maduro, mantan Presiden Honduras

- Putra Mahkota Belgia

- Mantan Presiden Ghana John Atta Mills.

5. Program studi yang bermacam-macam

Terdapat kurang lebih 90 program studi yang ditawarkan oleh Stanford University kepada calon mahasiswanya.

Tidak semua universitas di dunia memiliki pilihan program studi beragam seperti Stanford University sehingga menjadi nilai lebih.

Sebut saja Aeronautics and Astronautics, Community Health and Prevention Research, Democracy, Development, and the Rule of Law, Feminist, Gender, and Sexuality Studies dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari disini.

Dalam bahasa Indonesianya, Universitas ini menyediakan mata pelajaran mulai dari jurusan bagian Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu Bumi, Humaniora sampai dengan Sains.

6. Universitas yang Memiliki Pengaruh Di Dunia

Fakultas dan alumni Universitas Stanford telah banyak mendirikan perusahaan terkemuka, seperti Google, Hewlett-Packard, Nike, Sun Microsystems, Wipro, GAP, Firefox, PayPal, Yahoo!, dan masih banyak lagi.

Itulah fakta-fakta menarik tentang Universitas Stanford yang menjadikannya sebagai salah satu universitas terbaik didunia.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu semakin bersemangat untuk berjuang agar bisa menempuh pendidikan disana seperti Maudy Ayunda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurusan Kuliah untuk Anak IPS: Membangun Karir yang Berkualitas

Bagi para siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), terdapat beragam jurusan kuliah yang menawarkan peluang karir yang menarik. Pilihan jurusan yang tepat dapat membantu membangun karir yang sukses dan memuaskan. Berikut adalah beberapa jurusan kuliah IPS yang mungkin bisa kamu jadikan referensi. 1. Ilmu Hubungan Internasional Jurusan ini cocok bagi mereka yang tertarik pada dinamika hubungan antarnegara, diplomasi, dan kebijakan internasional. Lulusan Ilmu Hubungan Internasional dapat bekerja di kementerian luar negeri, lembaga internasional, atau perusahaan multinasional. 2. Ilmu Politik Bagi yang memiliki ketertarikan pada politik, memilih jurusan Ilmu Politik dapat membuka pintu karir di berbagai bidang. Lulusan Ilmu Politik dapat bekerja sebagai analis politik, konsultan kebijakan, atau bahkan terjun ke dunia politik sebagai pejabat publik. 3. Sosiologi Jurusan Sosiologi fokus pada studi tentang masyarakat dan interaksi sosial. Lulusan Sosiolog

Mengeksplorasi Sejarah: Fakta Menarik tentang Universitas Tertua di Dunia

  Universitas-Universitas tertua di dunia telah menjadi penjaga kearifan, pengetahuan, dan keilmuan selama berabad-abad. Dengan sejarah yang kaya dan tradisi akademis yang mendalam, universitas-universitas ini menciptakan fondasi untuk pendidikan tinggi di seluruh dunia. Mari kita telusuri beberapa fakta menarik tentang universitas tertua yang masih berdiri hingga hari ini. 1. Universitas Bologna (1088) - Ibu Kota Kesarjanaan Universitas Bologna, yang didirikan pada tahun 1088 di Italia, dianggap sebagai universitas tertua yang masih beroperasi. Ia memegang predikat sebagai "ibu kota kesarjanaan" karena kontribusinya dalam pengembangan sistem pengajaran dan sistem hukum yang masih memengaruhi dunia saat ini. 2. Universitas Oxford (1096) - Pusat Kecemerlangan Akademis Universitas Oxford, yang didirikan pada tahun 1096 di Inggris, adalah salah satu universitas tertua dan paling terkenal di dunia. Dengan tradisi akademis yang kuat, Oxford telah melahirkan banyak pemikir, penulis

Profil dan Sejarah Universitas Sumatera Utara

Dalam artikel kali ini, mimin akan membahas dengan lengkap tentang salah satu universitas terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Sumatera Utara (USU). Apakah ada dari kalian yang berminat untuk memilih USU sebagai tempat menempuh pendidikan tinggi? Jika ya, maka kamu harus mengetahui tentang sejarah, visi misi, dan jurusan yang ada di Universitas Sumatera Utara (USU). Universitas Sumatera ini sedang meniti langkahnya menjadi bagian dari 500 universitas terbaik di dunia pada 2024. Jika kamu memiliki target sebagai Sarjana, terutama di USU, kamu harus menyimak artikel ini sampai selesai, ya! Profil dan Sejarah Universitas Sumatera Utara Universitas Sumatera Utara (USU) adalah universitas negeri yang didirikan pada 20 November 1957. Universitas ini didirikan berdasarkan keinginan rakyat Sumatera Utara yang ingin memiliki institusi tersier di daerahnya. Untuk memenuhinya, maka pada tanggal 31 Desember 1951, dibentuk sebuah panitia pendiri perguruan tinggi yang dipimpin oleh Dr.